ArpON di opeSUSE

baru siap jalan2 di situs KPLI Kendari , ternyata ada postingan kang anoalinux yang menarik perhatian saya !! ini dia " ArpON " .  mari kita bahas terlebih dahulu sedikit tentang ArpON .

ArpON atau ARP handler inspection merupakan portable handler daemon , yang bisa kita gunakan untuk mengamankan protokol ARP dari serangan Man In The Midle ( MITM ) , apa itu MITM attack , menurut teman saya kalau sudah di translate adalah " Lelaki lagi ngucek cucian " , walau translate nya buruk tapi ya sudahlah , MITM adalah proses dimana si attacker nanti bertindak sebagai gateway si client lain di jaringan , dan akan meneruskan permintaan client ke server aslinya ( begitulah kira2 ) . serangan MITM melalui ARP Spoofing , ARP Poisoning , ARP Cache atau Poison Routing (ARP) .  Aplikasi ini mampu menangkal Sniffing , Hijacking , Injection , Filtering & Hijacking and SSL/TLS Hijacking & co attacks , itulah yang aktifitas yang menurutnya mampu untuk ditangkal , mungkin bagi saya atau anda yang sering menikmati koneksi dari Hotspot publik atau Hotspot warung2 kopi tools ini mungkin sangat berguna .

Instalasi di openSUSE 11.4
--------------------------------------

# zypper addrepo http://download.opensuse.org/repositories/home:idulk/openSUSE_11.4/home:idulk.repo

# zypper refresh

# zypper install ArpON



di ArpON terdapat SARPI dan DARPI , dmn pengertiannya menurut kang frijal adalah :

  • SARPI merupakan metode pemantauan arp table dengan cara statis. 
  • DARPI merupakan metode pemantauan arp table dengan cara dinamis. 
jadi kalo bagi saya yang sering hidup di lingkungan hotspot maka saya memilih SARPI

untuk penggunaanya akan saya bahas di post selanjutnya ( insyaallah ) !!