OSI 7 Layer


OSI singkatan dari "Open System Interconnection". Model referensi OSI adalah sebuah model arsitektur Jaringan ,atau bisa dibilang salah satu standar protokol jaringan yang menggambarkan fungsi , tujuan , dan kerangka kerja suatu struktur model referensi logis dalam sistem komunikasi. OSI sendiri dikembangkan oleh International Organization for Standardzitaion atau ISO pada tahun 1977 di Eropa.

OSI dibuat untuk membuat protokol standar agar semua perangkat dapat saling berkomunikasi, karena sebelum adanya OSI sistem jaringan komputer sangat tergantung pada Vendor.OSI referensu model memiliki 7 lapisan seperti yang ada pada gambar diatas , lapisan tersebut adalah :

Lapisan ke 7 - Aplication Layer
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsi jaringan ,mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.
protokol yang digunakan : HTTP , FTP , SMTP , NFS

Lapisan ke 6 - Presentation Layer
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat di transmisikan melalui jaringan , pada lapisan ini juga terjadi kompresi , enkripsi , deskripsi dan konversi data.
protokol yang digunakan adalah perangkat lunak redirektor seperti Layanan Workstation , Network Shell , atau Remote Desktop Protocol ( RDP )

Lapisan ke 5 - Session Layer
Berfungsi agar para User diizinkan untuk menetapkan session dengan user lainnya.

Lapisan ke 4 - Transport Layer
Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberi nomor urut agar nanti dapat disusun kembali pada saat data telah diterima. dan pada lapisan ini juga yang menjamin agar data dapat diterima disisi penerima dengan benar.

Lapisan ke 3 - Network Layer
Berfungsi untuk memetakan paket data ke tujuan dengan seharusnya, mengendalikan operasi subnet, mengatasi semua masalah yang terjadi pada jaringan sehingga jaringan yang berbeda dapat saling terinterkoneksi.

Lapisan ke 2 - Data-Link Layer
Berfungsi untuk menentukan protokol untuk pertukaran frame data yang melewati kabel. dengan kata lain, lapisan ini menangani hal yang berhubungan dengan pengambilan dan pelepasan paket-paket data dari dan ke kabel , deteksi , dan koreksi kesalahan serta pengiriman ulang data.

Lapisan ke 1 - Physical Later
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, topologi jaringan dan pengabelan.selain itu dilapisan ini mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

Sekian postingan dari saya , semoga dapat membantu ingatan saya karena menulis dan membantu para pembaca , postingan ini sebahagian di ambil dari :

http://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI
http://astronaema.blogspot.com/2008/05/7-lapisan-osi.html

0 comments:

Post a Comment

makasih