Topologi Jaringan

Apa itu Topologi jaringan ?? , Topologi Jaringan adalah Bentuk perancangan baik secara fisik maupun secara logik yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan kompoter , atau bahasa ringannya bentuk dasar jaringan.Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama , ada Topologi Star , Ring , Bus , Mesh , Tree. kita mulai bahas satu persatu.

Topologi Bus

Topologi ini adalah topologi yang pertama digunakan untuk menghubungkan komputer. dalam topologi ini tiap-tiap komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan diujung kabel ditutup dengan satu terminator. Topologi ini sudah jarang kita lihat , karena memiliki kekurangan dimana sering terjadinya tabrakan data, jika salah satu perangkat bermasalah maka otomatis jaringan lansung tidak berfungsi sebelum kerusakan tersebut diatasi.tapi keunggulan topologi ini adalah pengembangan atau penambahan workstation baru dapat dengan mudah dilakukan tanpa menggangu Workstation lain.

Topologi ini awalnya menggunakan kabel Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini sudah menggunakan kabel serat optik ( Fiber Optic ) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performa topologi ini.




Topologi Star

Topologi Star atau Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berpusat pada node tengah. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. contoh alat yang digunakan adalah hub , switch , dll.

kelebihan topologi ini adalah jika ada kerusakan pada satu perangkat maka tidak akan mempengaruhi keseluruhan jaringan . topologi ini juga tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk dan penambahan atau pengurangan perangkat dapat dilakukan dengan mudah , kekurangan topologi ini jika node tengah mengalami kerusakan otomatis keseluruhan jaringan akan berhenti karena topologi ini berpusat pada perangkat yang menghubungkan semua clientnya.

Topologi Ring
Topologi Ring atau Topologi cincin adalah topologi yang berbentuk lingkaran, dengan artian setiap komputer terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

Kelebihan topologi ini adalah Hemat dalam pemanfaatan kabel , dan tidak akan terjadi tabrakan data ( Collision ) , karena hanya ada satu node yang dapat mengirimkan data dalam satu waktu. kelemahan dari topologi ini sendiri jika terjadi kesalahan pada suatu node maka mengakibatkan terganggunya keseluruhan jaringan , juga pengembangan topologi ini sangat kaku dan sulit untuk menganalisa kesalahan.


Topologi Mesh

Topologi mesh adalah bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara lansung ke perangkat lainnya yang ada dalam kesatuan jaringan.maka setiap perangkat dapat lansung berkomunikasi dengan perangkat yang dituju ( dedicated links ).seperti yang ada pada gambar diatas maka dapat disimpulkan kalau semakin banyak komputer yang terhubung maka tiap komputer harus memiliki banyak input/output ports.

kelebihan dari topologi ini sendiri hubungan dedicated links tadi ,dimana data lansungn dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lain sehingga pengiriman data lebih cepat, di topologi ini juga ada sifat " Robust "  apabila komputer A dan B memiliki masalah , maka itu tidak akan mempengaruhi antara komputer A dengan Komputer lainnya. komunikasi data pada topologi ini juga sangat aman, karena komunikasi terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya. jika adal permasalahan atau kerusakan maka di topologi ini  proses identifikasinya akan menjadi lebih gampang.

kekurangan dari topologi Mesh ini adalah boros , dimana harus memiliki Port I/O yang cukup banyak , sebanyak jumlah komputer dikurang 1 . proses instalasi topologi ini pun lumayan sulit . karena topologi inin memakan banyak kabel maka otomatis space ruangan juga harus lebar untuk menjaga-jaga agar kabel tidak saling berantakan.

Topologi Tree



Topologi Tree atau topologi pohon memiliki karakteristik antar Topologi Star dan Topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan teknologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur backbone.

Kelebihan topologi ini adalah dapat terbentuknya setiap kelompok jaringan baru dengan mudah. kelemahannya adalah apabila simpul yang paling atas tidak berfungsi maka kelompok lainnya yang berada dibawah akan tidak berfungsi , cara kerjanya pun lebih lambat karena harus melewati simpul pusat

sekian posting dari saya , tulisan ini tidak saya buat sendiri melainkan dari beberapa referensi :


1 comments:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

makasih