Sedikit tentang Fedora

Sebelumnya saya udah posting “Sedikit tentang debian” , biar blog enggak kosong saya tambahin lagi sambil nunggu-nunggu inspirasi lainnya , kali ini saya ingin berbagi tentang Fedora.  ok kita mulai aja.
Fedora ialah sistem operasi berasaskan RPM ( Redhat Package Manager ) atau bisa dibilang fedora project ( proyek fedora dalam bahasa indo ), yang dibuat berasaskan kernel Linux, dibangun oleh sebuah komunitas yang diberi nama “Fedora Project” dan Fedora juga dibiyai oleh Red Hat ( Salah Satu distro Favorit saya ).Proyek ini adalah hasil penggabungan antara Red Hat Linux (RHL) dan proyek Fedora Linux (yang lama) pada bulan September 2003, dan secara resmi disponsori oleh Red Hat. Proyek Fedora Linux yang lama (yang didirikan sejak Desember 2002 oleh Warren Togami, mahasiswa University of Hawaii Computer Science) telah mengembangkan paket-paket tambahan untuk distro Red Hat Linux (RHL 8, RHL 9, FC 1, FC 2) sebelum menjadi bagian dari Fedora Project.
Perbedaan utama antara Fedora Project dan Red Hat Enterprise Linux sebelumnya adalah Red Hat tidak lagi menyediakan dukungan update terhadap security updates, bugs updates, dan new feature updates untuk pengguna Fedora. Red Hat juga tidak akan menyediakan dukungan teknik apapun kepada pengguna Fedora, baik melalui web, e-mail, maupun telepon seperti yang disediakan terhadap produk Red Hat Enterprise Linux. Secara keseluruhan, Fedora Project adalah produk yang tidak didukung langsung oleh Red Hat, sehingga Red Hat tidak perlu menghabiskan sumber daya yang cukup banyak dalam proyek tersebut.
Fedora Project sendiri telah mengeluarkan beberapa versi beta yang bisa dikatakan merupakan kelanjutan dari Red Hat Linux 9.0, yaitu Fedora Core 1.0 pada 5 November 2003. Project ini memiliki periode waktu pengembangan yang lebih cepat, yaitu 4-6 bulan, dibandingkan Red Hat Linux yang membutuhkan 6-8 bulan atau Red Hat Enterprise Linux yang membutuhkan 12-18 bulan. Sementara itu, usia hidup produknya boleh dibilang sangat singkat, yaitu 2-3 bulan dari release produk terbarunya dibandingkan dengan lifetime produk Red Hat Enterprise Linux yang mencapai 5 tahun.
Menurut DistroWatch Fedora mempunyai rating yang cukup baik yakni peringkat 4 ( Update sama dengan tanggal Posting ), di bawah Ubuntu , Mint dan Debian. jadi tidak heran kalau Fedora juga Menguasai Dunia.

2 comments:

  1. windows no 1 fedora nomor 4 di bawah

    ReplyDelete
  2. @Dedy Hidayat : disini fedora bertindak sebagai Distro bukan OS !!

    ReplyDelete

makasih